1.
DEFINISI
KOMPUTER
2.
ELEMEN
DASAR KOMPUTER
Brainware
(Pengguna)
Manusia yang menggunakan atau
mengoperasikan komputer. Tanpa adanya brainware, komputer tidak bisa
dijalankan. Maka, peran brainware disini sangatlah penting sehingga komputer
bisa digunakan dan dioperasikan dengan baik oleh penggunanya.
· System Analyst
Seseorang yang
bertanggung jawab atas penelitian, perancangan dan pemilihan perangkat lunak
dan sistem yang sesuai.
·
Programmer
Seseorang yang menguasai
bahasa pemrograman, C, Pascal, Java dan lainnya sebagai pembuat program yang
dibutuhkan untuk dirancang.
·
Administrator
Seseorang yang bertugas
mengelola sistem operasi dan program-program pada sebuah sistem atau jaringan
komputer.
·
Operator
Seseorang yang
memanfaatkan sistem operasi dan program-program pada sebuah sistem atau
jaringan komputer.
Software
(Perangkat Lunak)
Kumpulan
data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang
disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu
perintah.
·
Software
System
Perangkat lunak yang
berfungsi mengorganisasikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer.
Contoh : DOS, IOS, Android, Windows, Linux.
·
Software
Bahasa
Bahasa pemrograman,
himpunan atau aturan sintaks yang dipaka untuk mendefinisikan program komputer.
Contoh : Java, PHP, Algoritma, Assembly, Pascal.
·
Software
Application
Program yang ditulis
dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu.
Contoh : Microsoft Office, Adobe Photoshop, Sony Vegas Pro.
·
Software
Utility
Di desain untuk membantuk
proses analis, konfigurasi, optimasi dan membantu pengelolaan sebuah komputer
atau sistem. Contoh : Antivirus, Web Browser, Tune Up Utilities.
Hardware
(Perangkat Keras)
Suatu
komponen yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu
disentuh secara fisik. Sementara itu, contoh dari hardware itu sendiri yaitu :
·
Perangkat Input
Perangkat keras yang
digunakan untuk memasukan data dari pengguna yang akan diproses oleh komputer.
Contoh : mouse, keyboard, joystick, touchpad, scanner, microphone.
·
Perangkat Proses
Perangkat keras yang
berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contoh :
Processor, RAM.
·
Perangkat Output
Perangkat keras yang
digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya
diberikan kepada pengguna. Contoh : speaker, monitor, printer, proyektor.
3.
PENGGOLONGAN
KOMPUTER BEDASARKAN DATA YANG DIOLAH
·
Komputer Analog
Komputer yang digunakan
untuk mengolah data kualitatif,
bekerja secara kontinyu dan pararel. Komputer jenis ini biasanya tidak
memerlukan bahasa perantara. Contoh dari komputer ini adalah komputer yang digunakan
untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan voltase listrik.
·
Komputer Digital
Komputer yang digunakan
untuk mengolah data kuantitatif seperti huruf, angka, kombinasi huruf dan
angka, serta karakter khusus. Biasanya komputer ini memerlukan bahasa perantara
(bahasa pemrograman). Contoh dari komputer ini adalah personal computer (PC).
·
Komputer Hybrid
Komputer yang merupakan
kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Contoh dari komputer ini
adalah faximile.
CENTRAL PROCESSING UNIT
1.
PENGERTIAN
CPU
Central
Processing Unit (CPU) dari komputer adalah bagian dari hardware yang
melaksanakan instruksi dari program komputer. CPU melakukan aritmatika, logis,
dan operasi input dan output dasar dari sebuah sistem komputer. CPU adalah
seperti otak dari komputer – setiap intruksi harus melalui CPU.
2.
FUNGSI
CPU
Central
Processing Unit (CPU) memiliki beberapa fungsi sebagai alat pemroses utama di sebuah
komputer, yaitu :
1. CPU
akan mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2. CPU
mampu mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
3. CPU
akan mengambil data dari memori utama untuk di proses.
4. CPU
akan mengirimkan intruksi ke ALU jika ada perhitungan aritmatika.
5. CPU
akan mengawasi kerja dari ALU.
6. CPU
akan menyimpan hasil proses ke memori utama.
3.
SET
INSTRUKSI CPU
Ada dua arsitektur CPU utama yang
berhubungan dengan set intruksi CPU, yaitu :
·
Reduced
Instruction Set Computing (RISC)
Arsitektur menggunakan
set instruksi yang relatif kecil, dan RISC Chip dirancang untuk mengeksekusi
intruksi dengan sangat cepat.
·
Complex
Instruction Set Computing (CISC)
Arsitektur menggunakan
set intruksi yang luas, sehitngga langkah-langkah yang lebih sedikit per operasi.
4.
KARAKTERISTIK
CPU
·
Bus
Clock atau Front Side Bus (FSB)
Bus Clock adalah lebar
jalur transfer data pada prosessor yang berfungsi mengirim dan mengambil data
dari komponen komputer. FSB ini sering digunakan dengan istilah “PC”. Sebagai
gambaran, Intel Pentium IV 1.6 GHz PC-400, berarti prosessor tersebut bekerja
pada bus atau FSB 400 MHz dan dalam satu kali pengiriman data, prosessor mampu
mengirim data sebanyak 400 juta. Kemampuan FSB pada prosessor harus ditunjang
dengan kemampuan FSB yang dimiliki motherboad agar diperoleh kinerja yang
maksimal.
·
Clock Speed
Clock Speed adalah
kecepatan prosessor dalam melakukan proses data atau eksekusi perintah yang
bisa diselesaikan dalam waktu satu detik. Misalnya, Intel Pentium IV 1,6 GHz,
berarti prosessor mempunyai kecepatan untuk dieksekusi perintah sebesar 1600
juta dalam satu detik. Semakin besar nilai clock speed, semakin cepat prosessor
tersebut menyelesaikan pekerjaannya.
·
Cache Memory
Cache memory adalah jenis
memori yang ditanamkan pada prosessor dan berfungsi menyimpan perintah yang
dilakukan oleh prosessor. Cache memory pada processor dibagi menjadi tiga
macam.
o
First Level atau L1 Cache
L1 Cache adalah memori
yang tercepat dan yang pertama kali diakses oleh CPU. Memiliki ukurang yang
kecil.
o
Second Level atau L2 Cache
L2 Cache terhubung
langsung ke CPU, diakses setelah L1 Cache. Lebih besar ukurannya dan lebih
lambat dari L1 Cache.
o
Third Level atau L3 Cache
L3 Cache adalah cache
memori generasi terbaru, diakses setelah memeriksa L1 dan L2. Lebih besar
ukurannya dan lebih lambar dari L2 Cache.
KOMPONEN-KOMPONEN CPU
1.
ARITHMETIC
AND LOGIC UNIT
Arithmetic and Logic Unit (ALU) adalah
komponen dalam prosessor yang mengendalikan tentang aritmatika dan logika.
Tugas utama ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi
sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan
dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut dengan
adder.
Tugas lain ALU adalah melakukan keputusan
operasi logika sesuai dengan intruksi program. Operasi logika meliputi
perbandingan dua operand dengan menggunakan logika tertentu.
2.
CONTROL
UNIT
Control Unit merupakan komponen dalam
prosessor yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data yang mempunyai
fungsi berikut :
1. Mengatur
dan mengendalikan alat input dan output.
2. Mengambil
instruksi memori utama.
3. Data
memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
4. Mengirim
intruksi ke ALU jika terdapat perhitungan aritmatika atau perbandingan logika
serta mengawasi kerja ALU.
5. Menyimpan
hasil proses ke memori utama.
3.
MEMORY
UNIT
Memory Unit meupakan komponen penyimpanan
kecil dalam prosessor yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi. Digunakan
untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses. Sementara data dan
intruksi lain yang menunggu giliran untuk di proses masih disimpan dalam memory
utama. Memori ini disebut dengan Cache Memory yang ditanamkan pada prosessor
sehingga prosessor akan lebih cepat melakukan proses eksekusi.
REPRESENTASI DATA DIGITAL
1.
REPRESENTASI
DATA
Representasi data merupakan cara bagaimana
nilainya disimpan di dalam memori komputer. Representasi data berfungsi untuk
mengurangi jumlah ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan sejumlah data.
2.
JENIS
REPRESENTASI DATA
·
Representasi
Ekternal
Representasi eksternal
adalah suatu cara untuk merepresentasikan dan memanipulasi informasi oleh
programmer dengan suatu bahasa pemrograman atau notasi bahasa perintah lainnya.
·
Representasi
Internal
Representasi internal
adalah suatu cara untuk menyimpan dan memanipulasi informasi secara aktual di
dalam sistem komputer.
3.
PENYAJIAN
DATA
Data
adalah seseuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan
adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara,
huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa
digunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu
konsep.
Informasi
merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi ataupun
perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan
untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa
dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi
penerimanya.
Secara umum, data yang dimasukkan seorang
user ke dalam komputer diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu :
1. Angka
atau disebut dengan alphanumerik
2. Karakter
atau disebut dengan alphabetikal
3. Simbol
atau tanda selain angka dan karakter
4.
HIERARKI
PENYAJIAN DATA
1.
Bit
Merupakan suatu sistem
angka biner yang terdiri atas dua nilai, 0 dan 1. Sistem biner merupakan bahasa
dasar yang digunakan untuk komunikasi antara manusia dan komputer.
2.
Byte/Character
Merupakan satuan data
paling kecil. Karakter bisa berbentuk huruf, angka ataupun berbentuk tanda
baca/simbol.
3.
Field
Merupakan kumpulan dari
karakter-karakter yang membentuk suatu arti tertentu. Misalnya, field untuk
Nomor Induk Mahasiswa, Nama Mahasiswa, Mata Kuliah.
4.
Record
Merupakan kumpulan dari
field-field yang membentuk sebuah arti. Misalkan kumpulan field Nomor Induk
Mahasiswa, Nama Mahasiswa dan Mata kuliah yang akhirnya membentuk sebuah
record.
5.
File
Merupakan kumpulan dari
record-record yang membentuk suatu data dan informasi.
6.
Database
Merupakan kumpulan
file-file yang berhubungan secara logis dan digunakan secara rutin pada
operasi-operasi sistem informasi manajemen.
5.
SISTEM
BILANGAN
Pada sistem komputer modern, sebuah data
di representasikan dalam beberapa basis bilangan, yaitu Biner, Desimal, Oktal,
dan Hexadesimal. Sehingga dibutuhkan sebuah blok decoder agar data-data yang
telah diolah dan di proses oleh sistem komputer dapat disajikan dalam bentuk
yang dipahami oleh user.
Skema Representasi Data
Setiap sistem bilangan memiliki Absolute
Value dan Position Value. Absolute Value
adalah nilai mutlak dari masing-masing digit bilangan. Position Value adalah nilai penimbang atau bobot dari masing-masing
digit bilangan tergantung dari letak posisinya yaitu bernilai basis
dipangkatkan dengan urutan posisinya.
1. Bilangan
Desimal
Sistem bilangan yang
menggunakan basis 10 dan menggunakan 10 macam simbo, yaitu 0-9. Notasinya yaitu
(n)10. Contoh bilangan desimal adalah 859810.
2. Bilangan
Biner
Sistem bilangan yang
menggunakan basis 2 dan terdiri dari 2 simbol, 0 dan 1. Bilangan biner ini
dipopulerkan oleh John Von Neumann. Notasinya yaitu (n)2. Contoh
bilangan biner adalah 10012.
3. Bilangan
Oktal
Sistem bilangan yag
menggunakan basis 8 dan terdiri dari 8 simbol, 0-7. Notasinya yaitu (n)8.
Contoh bilangan oktal adalah 10228.
4. Bilangan
Hexadesimal
Sistem bilangan yang
menggunakan basis 16 dan terdiri dari 16 simbol, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,
10(A), 11(B), 12(C), 13(D), 14(E), 15(F). Pada sistem bilangan ini memadukan
unsur huruf dan angka. Notasinya yaitu (n)16. Contoh bilangan
hexadesimal adalah F3D416.
SUMBER REFERENSI
kangandrian.staff.telkomuniversity.ac.id/.../Representasi-Data.pdf
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Kuswari%20Hernawati,%20S.Si.,M.Kom./KTI-Materi2%20Sistem%20Bilangan&Representasi%20data.pdf
http://mata-cyber.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-sistem-bilangan-dan-macam-macam-sistem-bilangan-komputer.html
http://pbsabn.lecture.ub.ac.id/2012/05/hierarki-data-data-hierarchy/
http://www.sridianti.com/pengertian-cpu-fungsi-dan-bagian.html
http://pengayaan.com/pengertian-cpu-dan-fungsinya/
https://goldyv.wordpress.com/2012/11/27/identifikasi-nama-tujuan-dan-karakteristik-cpu/
http://web.pdx.edu/~gerbing/325/Presentations/CompComponents_nup3.pdf
https://odhyinfo.wordpress.com/category/perkembangan-processor-hingga-processor-intel-pentium4/pengertian-processor/
0 komentar:
Posting Komentar